Jun-23: Penjualan 2W naik +66.6% YoY dan 4W naik +4.7% YoY
Penjualan Jun-23 2W nasional tumbuh signifikan +66.6% YoY mencapai 493,763 unit didorong oleh normalisasi supply semikonduktor yang di tahun lalu sempat mengalami kendala dan mengganggu produksi di Mei-Juli 2022. Kinerja positif tersebut mendorong penjualan 2W secara akumulatif di 1H23 naik +42.5% YoY mencapai 3.2 juta unit, melebihi perkiraan kami (55.2% proyeksi FY23F SSI, rata-rata 1H/FY prepandemi 2017-2019: 47.6%). Tak hanya 2W, penjualan 4W di bulan Juni 2023 juga mencatatkan kenaikan kinerja +4.7% YoY mencapai 82,581 unit dan mengarahkan penjualan 1H23 naik +6.5% YoY mencapai 505,985 unit, sejalan dengan perkiraan kami (50.6% proyeksi FY23F SSI, rata-rata 1H/FY prepandemi 2017-2019: 48.1%). Kami menilai pertumbuhan ini akan terus berlanjut hingga akhir tahun seiring dengan rilisnya brand baru dari beberapa ATPM dan akan diselenggarakannya GIIAS di bulan Agustus mendatang. Kami mempertahankan proyeksi penjualan FY23F 2W dan 4W nasional masing-masing di angka 5.8 juta dan 1 juta unit.
Posisi ASII dan kompetitornya di penjualan 4W nasional
Terkait pangsa pasar, ASII kembali mempertahankan posisi nya sebagai market leader di sepanjang 1H23, baik 4W (55%) maupun di 2W (73%). Untuk 4W, ASII berhasil mencatatkan kenaikan penjualan 4W sebesar +7.4% YoY, merepresentasikan laju pertumbuhan yang lebih tinggi dibandingkan industri (+6.5% YoY), didorong oleh pertumbuhan brand utamanya yaitu Toyota (+7.2% YoY, 57.7% penjualan 4W ASII) dan Daihatsu (+9.8% YoY, 35.7% penjualan 4W ASII). Walaupun demikian, kami melihat terdapat beberapa brand kompetitor ASII yang juga mencatatkan pertumbuhan yang agresif, beberapa di antaranya Honda (+19.3% YoY) dan Hyundai (+63.2% YoY) seiring dengan peluncuran model barunya. Selain itu, kami juga memperhatikan penjualan brand Cherry, yang baru saja merilis tipe 4W barunya di tahun ini, mencatatkan penjualan yang stabil >500 unit di bulan Juni, sehingga mendongkrak brandnya ke posisi ke-12 di penjualan 4W nasional (5M23: posisi 13), dengan 74% penjualannya berasal dari model Omoda5.
BEV hanya mencapai 1.2% penjualan 4W nasional
Di sepanjang 1H23, penjualan BEV nasional telah mencapai 5,862 unit, merepresentasikan pertumbuhan yang drastis dari tahun lalu yang hanya mencapai 495 unit. Namun, penjualan BEV tersebut masih tergolong belum signifikan karena hanya mencapai 1.2% penjualan 4W nasional dan ke depan kami memproyeksikan penjualan FY23F 4W BEV masih akan berada di level <5%. Adapun market leader mobil listrik ditempati oleh Hyundai Ioniq5 (60.4% penjualan 4W EV) yang penjualannya naik signifikan di 1H23, bahkan telah melampaui +93.7% penjualan FY22 (1H23: 3,543 unit, FY22: 1,829 unit), sementara posisi kedua kembali ditempati oleh Wuling Air EV (28.2% penjualan 4W EV). Tak hanya BEV, penjualan mobil Hybrid 1H23 di dalam negeri juga mengalami pertumbuhan yang signifikan yaitu mencapai 17,410 unit (FY22: 1,233 unit), salah satunya didorong oleh beberapa model yang baru dirilis di tahun ini seperti Toyota New Yaris Cross dan Suzuki XL7 Hybrid. Adapun penjualan 4W Hybrid tertinggi berasal dari Innova Zenix (53.2% penjualan 4W Hybrid) dan Suzuki Ertiga (20.7%). Selain itu, untuk 2W EV, kami melihat subsidi yang diberikan pemerintah (IDR 7 juta) belum berjalan seperti yang diperkirakan dan hanya menjangkau 1,091 calon pembeli (Mei-23: 611), jauh lebih rendah dari target pemerintah yaitu 200,000 unit di FY23F.
Top Pick: DRMA
Kami mempertahankan DRMA sebagai top pick kami dengan TP IDR 1,600. Beberapa katalis positif yang akan mendorong kinerjanya di tahun ini, yaitu: (1) berjalannya pabrik 4W baru untuk memproduksi komponen suspension member bagi Toyota, (2) mulai terkonsolidasi hasil akuisisi PT Trimitra Chitrahasta (target pendapatan FY23F TCH mencapai IDR 700 miliar, ~18% pendapatan FY22 DRMA), dan (3) mulai masuk ke industri EV melalui komponen dan charging station.
Samuel Sekuritas Indonesia is a leading Indonesian securities brokerage firm. Established in 1997, the firm has grown to become one of the most respected and trusted financial services companies in the country. With a wide range of services and products, Samuel Sekuritas Indonesia has become a trusted partner to many investors, both institutional and individual.
The company offers a variety of financial services, including equity, debt and derivative securities brokerage services, research and portfolio management, asset management and capital market services, as well as a range of other investment solutions. Samuel Sekuritas Indonesia is also a leader in providing financial education and training, and has established itself as a leading provider of investor relations services.
The company has a strong research capability and is committed to providing its clients with up-to-date and reliable market analysis and recommendations. It also has a team of experienced and knowledgeable professionals who are dedicated to providing quality service to its clients. As a result, Samuel Sekuritas Indonesia has become a preferred partner for many investors in Indonesia.
In addition to its financial services, Samuel Sekuritas Indonesia also offers a range of other services, such as corporate finance and advisory services, mergers and acquisitions, and venture capital.