Mei-23: Pertumbuhan dari low base di bulan sebelumnya akibat libur lebaran
Penjualan otomotif nasional di bulan May-23 naik signifikan, baik 2W maupun 4W, masing-masing +49.5% MoM dan +39.4% MoM karena low base libur panjang lebaran di Apr-23. Secara akumulatif, penjualan 2W di sepanjang 5M23 naik +38.9% YoY mencapai 2.7 juta unit, di atas perkiraan SSI (46.7% proyeksi FY23F SSI). Sementara, penjualan 4W naik +6.9% YoY mencapai 423,404 unit, sejalan dengan ekspektasi kami (42.3% proyeksi FY23F SSI). Kami mempertahankan target penjualan 4W dan 2W FY23F nasional masing masing mencapai 1 juta unit dan 5.8 juta unit.
Market Share: ASII bertahan sebagai market leader
ASII kembali mempertahankan posisi nya sebagai market leader, baik di 2W (melalui brand Honda Motor yang menguasai 81.4% penjualan 2W nasional) maupun 4W (terutama melalui brand Toyota & Daihatsu, pangsa pasar: 57.1%). Perlu dicatat, penjualan 4W Honda (kompetitor ASII) telah berangsur naik mencapai 11,158 unit (+125.2% MoM), setelah penjualannya di bulan Apr-23 sempat turun drastis hanya mencapai 4,955 unit (rata-rata penjualan Honda secara bulanan: 15,600 unit) karena persiapan New Honda Brio 2023 yang dirilis di Mei-23. Perlu dicatat, Brio merupakan salah satu merk 4W Honda dengan penjualan tertinggi dan telah mencapai 34.6% dari penjualan totalnya. Kami juga memperhatikan penjualan brand Hyundai di bulan Mei-23 naik +35.2% MoM dan kembali berhasil mencatatkan angka penjualan >3,000 unit, dengan Stargazer sebagai merk terlaris (32% penjualan Hyundai), diikuti oleh Ioniq5 (30.3%), dan Creta (19.1%). Selain itu, kami juga melihat penjualan brand Cherry yang baru saja merilis model barunya di awal tahun ini (Omoda5,Tiggo 7, dan Tiggo 8) kembali naik +3.1% MoM dan mencapai 531 unit dan kini telah berada di posisi ke-13 penjualan 4W nasional.
5M23: 4W BEV baru mencapai 1.1% penjualan 4W nasional
Di bulan Mei-23, penjualan 4W BEV tumbuh +21.4% MoM mencapai 1,560 unit, dan secara akumulatif di 5M23 telah mencapai 4,623 unit, jauh lebih tinggi dibandingkan tahun lalu yang hanya mencapai 363 unit. Walaupun demikian, penjualan EV tersebut masih tergolong sangat kecil, yaitu hanya mencapai 1.1% penjualan 5M23 4W nasional yang kami nilai masih membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mencapai angka yang signfikan pada penjualan otomotif nasional dengan proyeksi penjualan FY23F 4W EV masih akan berada di level <5%. Terkait market share, Hyundai Ioniq5 kembali berhasil menempati posisi tertinggi di 4W BEV, dengan penjualan yang naik +28.2% MoM mencapai 918 unit dan menguasai 58.8% penjualan 4W BEV nasional, sedangkan posisi kedua ditempati oleh Wuling Air EV (29.2% penjualan 4W BEV) dengan penjualan yang relatif flat (+1.1% MoM) mencapai 455 unit. Dibandingkan dengan BEV, saat ini penjualan mobil Hybrid jauh lebih tinggi dan telah mencapai ~2,800 unit di Mei-23 (3.4% penjualan 4W nasional) dengan brand tertinggi ditempati oleh Toyota Innova Zenix yang mencapai 61.3% dari penjualan mobil Hybrid. Sementara untuk 2W EV, estimasi penerima subsidi IDR 7 juta hanya mencapai 611 calon pembeli, masih jauh dari yang direncanakan oleh pemerintah yaitu sebanyak 200,000 unit di FY23F.
Top Pick: DRMA
Kami mempertahankan DRMA sebagai top pick kami dengan TP IDR 1,600. Beberapa katalis positif yang akan mendorong kinerjanya di tahun ini, yaitu: (1) berjalannya pabrik 4W baru untuk memproduksi komponen suspension member bagi Toyota, (2) mulai terkonsolidasi hasil akuisisi PT Trimitra Chitrahasta (target pendapatan FY23F TCH mencapai IDR 700 miliar, ~18% pendapatan FY22 DRMA), dan (3) mulai masuk ke industri EV melalui komponen dan charging station.
Samuel Sekuritas Indonesia is a leading Indonesian securities brokerage firm. Established in 1997, the firm has grown to become one of the most respected and trusted financial services companies in the country. With a wide range of services and products, Samuel Sekuritas Indonesia has become a trusted partner to many investors, both institutional and individual.
The company offers a variety of financial services, including equity, debt and derivative securities brokerage services, research and portfolio management, asset management and capital market services, as well as a range of other investment solutions. Samuel Sekuritas Indonesia is also a leader in providing financial education and training, and has established itself as a leading provider of investor relations services.
The company has a strong research capability and is committed to providing its clients with up-to-date and reliable market analysis and recommendations. It also has a team of experienced and knowledgeable professionals who are dedicated to providing quality service to its clients. As a result, Samuel Sekuritas Indonesia has become a preferred partner for many investors in Indonesia.
In addition to its financial services, Samuel Sekuritas Indonesia also offers a range of other services, such as corporate finance and advisory services, mergers and acquisitions, and venture capital.