Kami melihat ketertarikan investor pada saham AUTO (harga sahamnya melonjak +54,1% YTD) di tengah peningkatan margin dari semua segmen bisnisnya, yang mendongkrak GPMnya ke 16,1% di 1Q23 vs. 12,5% pada periode yang sama tahun lalu. Kenaikan margin ini didorong antara lain oleh kenaikan harga jual dan volume penjualan (terutama di segmen manufaktur), dan pengurangan diskon di segmen trading. Kami memperkirakan bahwa ekspansi margin ini akan berlangsung hingga akhir tahun. Saham AUTO saat ini diperdagangkan di 6,3x P/E FY23F, -42,9% lebih rendah dari peers lokal, dan -51.6% lebih rendah dari peers regional. Risiko upside/downside meliputi: 1) Margin lebih tinggi/lebih rendah dibanding perusahaan sejenis dan 2) Penjualan otomotif nasional lebih tinggi/lebih rendah dari tahun lalu.
Pertumbuhan segmen utama AUTO (Manufaktur)
Seiring dengan stabilnya supply semikonduktor di tahun ini, penjualan otomotif nasional meningkat, terutama 2W yang ditargetkan mencapai 5.8 juta unit di FY23F (+11.1% YoY), direvisi naik oleh AISI dari sebelumnya hanya 5.5 juta unit, sementara untuk target penjualan 4W stabil berada di angka 1 juta unit. Kami menilai hal tersebut akan turut mendorong kinerja segmen utama AUTO, yaitu segmen manufaktur (58.5% penjualan) tepatnya pada penjualan komponen 2W (45% dari penjualan segmen manufaktur) dengan AHM (Astra Honda Motor, ATPM motor honda yang menguasai 79% pangsa pasar penjualan 2W nasional) sebagai pelanggan terbesarnya (24.0% total penjualan AUTO). Perlu dicatat, 63% penjualan segmen manufaktur AUTO berasal dari grup Astra.
AUTO juga menjangkau segmen aftermarket melalui dealer serta modern retail
Selain bergerak di bisnis manufaktur komponen otomotif, AUTO juga memiliki segmen bisnis trading (41.5% dari penjualan AUTO) yang berfokus kepada penjualan aftermarket. Saat ini, AUTO memiliki jaringan distribusi komponen otomotif terbesar di Indonesia, meliputi 46 dealer utama (di luar Jawa & Bali) dan mencakup lebih dari 15,000 retailer, serta telah menyuplai komponennya ke pasar internasional terutama Asia (penjualan ekspor mencapai 11% dari segmen trading). Tak hanya itu, AUTO juga memiliki 380 gerai modern retailer (79% tersebar di area Jawa) yang menargetkan penjualannya langsung ke end-customer, baik untuk servis 4W melalui Shop & Drive serta Astra Otoservice, maupun layanan 2W melalui Shop & Bike serta Motoquick. Modern retail tersebut ditargetkan untuk membuka 10 gerai baru di tahun ini dan saat ini telah mencapai 14% dari pendapatan segmen trading AUTO.
Memanfaatkan momentum, AUTO terus berinovasi melalui EV dan produk kesehatan
Di tahun lalu (Juni 2022), AUTO telah merilis Astra Otopower yang memproduksi fasilitas charging station EV dan saat ini telah tersedia sebanyak 9 unit berlokasi di gerai Astra Otoservice dan rest area. Walaupun penjualan EV dalam negeri masih sangat kecil (<5% penjualan otomotif nasional), kami melihat Astra Otopower merupakan strategi yang baik untuk mempersiapkan AUTO menjadi salah satu pionir dalam infrastruktur EV. Selain bergerak di industri otomotif, AUTO juga memproduksi beberapa unit produk kesehatan, termasuk autoclave (alat sterilisasi medis), high flow nasal cannula (alat bantu pernafasan), dan USG 2D yang telah mulai dikembangkan sejak April 2020 sejalan dengan himbauan pemerintah untuk meningkatkan TKDN alat kesehatan dalam negeri, namun kontribusi dari segmen tersebut masih sangat kecil terhadap sales AUTO (~1%).
Samuel Sekuritas Indonesia is a leading Indonesian securities brokerage firm. Established in 1997, the firm has grown to become one of the most respected and trusted financial services companies in the country. With a wide range of services and products, Samuel Sekuritas Indonesia has become a trusted partner to many investors, both institutional and individual.
The company offers a variety of financial services, including equity, debt and derivative securities brokerage services, research and portfolio management, asset management and capital market services, as well as a range of other investment solutions. Samuel Sekuritas Indonesia is also a leader in providing financial education and training, and has established itself as a leading provider of investor relations services.
The company has a strong research capability and is committed to providing its clients with up-to-date and reliable market analysis and recommendations. It also has a team of experienced and knowledgeable professionals who are dedicated to providing quality service to its clients. As a result, Samuel Sekuritas Indonesia has become a preferred partner for many investors in Indonesia.
In addition to its financial services, Samuel Sekuritas Indonesia also offers a range of other services, such as corporate finance and advisory services, mergers and acquisitions, and venture capital.